JARINGAN KOMPUTER

TUGAS BTIK RANGKUMAN BAB 1

Oleh : Al Fathan Pramudita

Kelas : 8F

Absen : 3

 

Internet dan Jaringan Komputer

      Internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Internet dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bisnis. pendidikan, sosial, pemerintahan, kesehatan, dan sebagainya.

1.     Mengenal Internet

Berdasarkan The American Heritage Dictionary, internet adalah suatu sistem yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protocol TC/IP. Internet berasal dari kata interconnected-network yang artinya jaringan komputer saling terkoneksi. Apabila disimpulkan, internet adalah kumpulan komputer-komputer satu sama lain dalam suatu jaringan yang sangat besar. Komputer-komputer tersebut tersebar dalam jaringan-jaringan yang lebih kecil dari seluruh dunia. Jaringan-jaringan kecil tersebut dapat berubah jadi jaringan lolal (LAN), jaringan kota (MAN), dan jaringan wilayah tentu (WAN). Jutaan jaringan itulah saling terhubung dan membentuk suatu jaringan yang sangat besar yang disebut internet.

 

 Gambar Jaringan LAN



Gambar Jaringan MAN


Fungsi dari Jaringan WAN | dikmediatech - Dikmediatech

Gambar Jaringan WAN


Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang menyambungkan komputer dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor.

Jaringan Area Luas (bahasa InggrisWide Area NetworkWAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

WAN (Wide Area Network) adalah salah satu jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah super luas dan menggunakan teknologi yang super canggih apabila dibandingkan dengan jaringan LAN maupun MAN. Tidak tanggung-tanggung, jaringan ini sendiri biasanya digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain. Bahkan, dari suatu benua ke benua lainnya. Untuk dapat menghubungkan ke berbagai negara, jaringan WAN terhubung dengan menggunakan kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah maupun di jalur bawah laut.



2.   Sejarah Internet

  Pada tahun 1957, Uni Sovyet meluncurkan satelit pertama, yaitu Sputnik I. Hal ini menimbulkan kekhawtiran Amerika Serikat akan terjadinya perang nuklir. Amerika mulai memikirkan dampak yang terjadi jika sebuah kota yang menjadi tempat komputer pengendali rudal nuklir berada, hancur karena serangan nuklir musuh, serta cara agar tetap dapat senjata nuklir jika komputer pengendali tersebut terkena serangan nuklir musuh dan hancur. Oleh karena itu, diperlukan suatu jaringan komputer yang memungkinkan senjata nuklir dapat dikendalikan dari berbagai tempat.

Pada Agustus tahun 1962, Joseph C.R. Licklider mengembangkan konsep jaringan komputer ‘Galatic Network’. Yaitu suatu visi untuk manghubungkan komputer-komputer yang ada secara global dan setiap komputer dapat saling mendeteksi data dan program dari lokasi mana pun.

Pada Oktober 1962, suatu lembaga riset ARPA (Advance reseach projects agency) dibentuk di bawah pengendalian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bekerja sama dengan beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat  dengan ketua program pertama Joseph C.R.Licklider. ARPA bertanggung  jawab melakukan penelitian untuk menemukan cara komputer dapat saling berkomunikasi dan tetap bertahan jika perang nuklir benar-benar terjadi. Licklider berhasil meyakinkan pentingnya penggunaan konsep jaringan kepada penerusnya Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan peneliti Massachusetts institute of technology (MIT) Lawrence G. Roberts.

 

 


Comments

Popular posts from this blog

LATIHAN BAB 1

KOLABORASI MASYARAKAT DIGITAL