LDKS 2020 Labschool Rawamangun Hari ke-1

LDKS 2020 SMP LABSCHOOL RAWAMANGUN

20/07/2020 -  21/07/2020




LDKS adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, yang pada tahun 2020 untuk pertama kalinya SMP Labschool Rawamangun melaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom meeting. LDKS 2020 diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 20 sampai 21 Juli 2020, dimulai dari pukul 04.30 sampai pukul 14.20. Peserta LDKS adalah siswa kelas delapan yang terdiri dari tujuh kelas, dimana dibagi menjadi dua puluh delapan kelompok yang masing-masing terdiri dari delapan siswa dan dibimbing oleh dua kakak pembina yang merupakan kakak kelas sembilan. Kegiatan LDKS diawali dengan ibadah pagi seperti sholat subuh, tadarus Al-Qur’an, dan muraja’ah bagi yang beragama Islam. Kegiatan ibadah pagi dilaporkan melalui aplikasi google form yang sudah disediakan oleh panitia. Setelah ibadah pagi, peserta diminta untuk membersihkan diri dan sarapan pagi. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan olah raga pagi selama minimal 20 menit yang dipantau oleh kakak pembina melalui aplikasi Strava dan juga dilaporkan melalui aplikasi google form. Setelah olahraga pagi, para peserta harus segera masuk ke forum LDKS melalui aplikasi Zoom meeting paling lambat pukul 07.20. Zoom meeting tiap peserta menggunakan Virtual background yang telah disiapkan oleh panitia dan dilengkapi dengan nama panggilan.


Pembukaan LDKS oleh ketua pelaksana Bapak Ahmad Mulyadi M.Pd, sambutan dari ketua POMG Ibu dr. Deny Arya Sari, sambutan dari Kepala Sekolah Bapak Drs. Asdi Wiharto, dan ketua BPS Bapak Dr.Ahmad Ridwan, M.Si. Pada hari pertama,  ada dua materi yang diberikan yaitu “Tips menjadi pemimpin yang kreatif, adaptif, dan amanah serta diteladani” oleh kak Beni Pramula dan “Tips menumbuhkan solidaritas dan kerjasama tim dalam organisasi” oleh kak Indra Dwi Prasetyo. Peserta ditugaskan mengisi aplikasi Google form yang berisi komentar dan pertanyaan yang ingin disampaikan kepada pembicara. Materi yang diberikan kedua pembicara sangatlah menarik, terutama dalam memupuk jiwa kepemimpinan, solidaritas, dan bekerja sama dalam kelompok. Di sela-sela pembahasan materi, para siswa juga mendapatkan waktu istirahat. Panitia memberikan dua kali istirahat kepada siswa dan kakak OSIS, ROHIS, dan MPK. Istirahat pertama dari pukul 09.00 sampai pukul 09.20 dan istirahat kedua diberikan dari pukul 11.48 sampai  pukul 12.40. Pada jam istirahat pertama para siswa  mendapatkan hiburan dari kakak-kakak OSIS, ROHIS, dan MPK berupa Games. Games-nya adalah setiap kelompok yang ditunjuk harus menyanyikan yel-yel kelompok masing-masing.

Selama LDKS, selain tugas mengisi aplikasi Google form, ada beberapa tugas lain yang dikerjakan baik secara individu maupun berkelompok. Tugas yang dikerjakan secara individu antara lain membuat Twibbon yang di-upload pada aplikasi Instagram sebelum LDKS berlangsung dan membuat Blog tentang pelaksanaan LDKS setiap harinya selama dua hari  berturut-turut. Seluruh tugas harus dikerjakan dan di-upload tepat pada waktunya. Hal ini dimaksudkan untuk melatih peserta dapat mengatur waktu dengan baik dan bersikap disiplin. Pelaksanaan LDKS pada hari pertama seluruhnya berlangsung dengan baik dan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.



Hal terbaru bagi penulis adalah belajar menggunakan aplikasi Strava. Aplikasi ini support untuk kegiatan olahraga dimana ada 24 jenis olahraga dan dilengkapi dengan analisis olahraga yang dilakukan. Pada hari pertama, penulis memilih berolahraga dengan berlari pagi. Lumayan menghasilkan keringat, terlebih lagi selama pendemi Covid-19 sekolah dengan pembelajaran jarak jauh menjadi alasan siswa malas bergerak atau berolahraga. Hari pertama LDKS ditutup dengan evaluasi dan do’a bersama. Semoga LDKS hari kedua sesukses hari pertama, dan SMP Labschool semakin jaya!

Comments

  1. Ldks yg keren banget walaupun dialksanakan secara virtual lewat aplikasi zoom.

    ReplyDelete
  2. Disini teknologi berperan penting.. Sukses buat labs school terus dan om jay...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

LATIHAN BAB 1

KOLABORASI MASYARAKAT DIGITAL