LDKS SMP LABSCHOOL RAWAMANGUN TAHUN 2020


LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) 2020 HarI Ke-2

20 - 21 Juli 2020 



Hari kedua LDKS, berlangsung dengan amat sangat seru, penuh dengan tawa, dan senyum yang lebar di bibir. Hari kedua LDKS sama seperti hari pertama, dimulai pukul 04.30 dan selesai acara pada pukul 14.20. Yang membedakan adalah, hari ini merupakan hari terakhir kami melaksanakan LDKS. Pagi hari LDKS dilaksanakan dimulai dengan kegiatan ibadah pagi seperti sholat shubuh, tadarus Al Qur’an dan muraja’ah. Setelah selesai melakasanakan ibadah pagi, para siswa/i diwajibkan untuk melakukan olahraga pagi menggunakan baju seragam olahraga SMP Labschool. Selama siswa/i berolahraga, siswa/i harus mendokumentasikan kegiatan masing-masing saat berolahraga, entah berolahraga lari, bersepeda, atau hiking, dan lain-lain, yang kemudian meng-upload dokumentasi aktivitas mereka melalui aplikasi Strava. Setelah Para siswa/i selesai berolahraga, para siswa/i diharuskan untuk mengganti pakaian dengan menggunakan seragam SMP labschool yang berwarna putih dan biru lengkap dengan dasi dan sabuk. Seragam SMP Labschool yang berwarna putih dan biru biasanya dipakai siswa/i Labschool untuk melaksanakan upacara hari senin dan upacara 17 Agustus. Jadi siswa/i Labschool tidak menggunakan seragam putih putih untuk upacara seperti kebanyakan sekolah lain. Para siswa/i diwajibkan masuk ke aplikasi zoom meeting paling lambat pukul 07.20. Acara pertama di hari kedua LDKS 2020 dimulai dengan persiapan dan registrasi, dimana panitia akan menunggu semua peserta atau siswa/i yang mengikuti LDKS hadir untuk proses absensi oleh panitia.

Selama forum LDKS via zoom meeting berlangsung, semua siswa/i wajib mengisi tanya jawab melalui aplikasi google form. Acara kedua dilanjutkan dengan pengenalan OSIS. Di acara ini, para kakak-kakak OSIS (Organisasi Intra Siswa Sekolah) akan menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan oleh OSIS (tugas/kewajiban). Ternyata menjadi OSIS itu cukup berat, karena setiap ada acara penting di sekolah kakak-kakak OSIS wajib ikut. Selain itu, jika ingin masuk ke organisasi OSIS, nilai-nilai raport dari semester satu sampai semester dua itu haruslah bagus dan hanya diijinkan remedial maksimal dua mata pelajaran dari 10 mata pelajaran. Para siswa/i paling sering remedial di mata pelajaran matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan alam). Jika di kelas tujuh nilai-nilai raport dari semester satu sampai semester dua semua bagus, maka nanti di kelas delapan akan ditinjau labih lanjut nilai-nilainya. Jika di kelas delapan tidak ada penurunan yang signifikan, maka besar kemungkinan dipilih mejadi OSIS.


Acara ketiga adalah waktu istirahat para siswa/i, dimana peserta diijinkan leave dari aplikasi zoom meeting dan bagi para siswa/i yang tidak ingin leave dari aplikasi zoom meeting akan mendapatkan hiburan dari kakak-kakak OSIS. Kakak-kakak OSIS akan menyanyikan lagu untuk menghibur para peserta atau para siswa/i yang mengikuti LDKS. Waktu istirahat yang diberikan oleh panitia adalah dari pukul 09.00 sampai pukul 09.20. Setelah selesai istirahat, para siswa/i harus masuk kembali ke aplikasi zoom meeting dan melanjutkan pembelajaran untuk materi ketiga LDKS (acara ke 4) yang dibawakan oleh Kak Ivan Lanin dengan tema “Tips berbicara efektif dan menarik di depan umum”. Materi ini sangat menarik. Peserta dapat mengetahui jenis-jenis komunikasi dan pengertiannya. Lanjut acara kelima adalah materi Yang dibawakan oleh Kak Vivid F. Argani dengan tema “Tips mengenali, mengantisipasi, dan menghindari cyberbullying. Materi ini membahas tentang bullying, dimana banyak diantara kita yang suka mem-bully atau memaki-maki orang lain. Penulis akan menjelaskan sedikit tentang materi yang keempat ini. Bagi beberapa orang khususnya siswa/i menganggap seru jika melihat orang yang di-bully sampai menangis atau merasa kesal, Padahal dibalik keseruan yang dirasakan tersebut, besar kemungkinan orang yang mendapat bully-an atau makian akan merasa dendam atau marah karena hatinya terluka, sedih dan merasa rendah diri. Jadi janganlah suka mengejek atau memaki=maki orang lain. Lebih baik berteman dari pada bermusuhan.

Singkat kata, LDKS 2020 yang dilaksanakan SMP Labschool Rawamangun berjalan dengan sukses dan penuh dengan ilmu yang bermanfaat.  Sekian dari penulis, semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga dapat bersekolah dan bersosialisasi dengan teman-teman dengan penuh keseruan. Tetap dan semakin jaya Labschool Rawamangun!!!


Comments

  1. Semoga ldks tahun ini menjadi ldks bersejarah karena dilakukan secara virtual

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

LATIHAN BAB 1

KOLABORASI MASYARAKAT DIGITAL