ALGORITMA

 

TUGAS BTIK

AL GORITMA

Oleh: Al Fathan Pramudita

Kelas: 8F

Absen: 03

 

Apa itu Algoritma? Algoritma adalah urutan langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Singkatnya, sebuah masalah harus diselesaikan dengan beberapa langkah yang logis. Dalam kehidupan sehari-hari. Contoh algoritma dapat digambarkan dengan berbagai macam hal. Salah satu contohnya adalah aktivitas memasak air. Algoritmanya tentu saja berhubungan dengan aktivitas dalam memasak air. Misalnya saja yaitu siapkan panci yang sesuai, masukkan air ke dalam panci tersebut, tutup panci, letakkan panci pada kompor, hidupkan kompor dengan nyala api sedang, apabila air mendidih, matikan kompor, dan angkat panci dari kompor. Deretan langkah tersebut merupakan algoritma dari aktivitas memasak air. Karena urutan yang jelas, langkah tersebut dianggap proses yang logis.

Dalam ilmu komputer dan matematika, algoritma didefinisikan sebagai prosedur dari berbagai macam langkah penghitungan, penalaran secara otomatis, sampai pemrosesan data. Algoritma juga diartikan sebagai metode yang diekspresikan lewat rangkaian dan instruksi yang dijabarkan untuk menghitung. Secara garis besar, algoritma dimulai dengan input dan kondisi awal, deskripsi, eksekusi, dan menghasilkan output.

Ditinjau dari sisi sejarahnya, algoritma sendiri memiliki asal-usul yang lumayan rumit. Algoritma berasal dari kata “algorist” yang berarti langkah menghitung dengan memanfaatkan angka arab. Secara umum orang yang membuat algoritma disebut algorist, yaitu apabila melakukan penghitungan dengan angka arab.

Sejarah membuktikan kebanyakan ahli mencoba menemukan asal kata yang tepat namun hasilnya kurang memuaskan. Hingga pada akhirnya, ahli sejarah mematika menemukan asal kata algoritma. Ahli sejarah tersebut menjelaskan asal kata algoritma berasal dari nama penulis buku arab. Nama penulis buku arab yang dimaksud adalah Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarismi.

Kemudian, Al Khuwarizmi dibaca oleh orang barat pada kala itu menjadi "Algorism:. Buku yang ditulis oleh Al Khuwarizmi yang kemudian menjadi referensi dalam algoritma orang barat yaitu "Al Jabar Wal Muqabala". Bila diterjemahkan buku tersebut merupakan buku tentang pengurangan dan pemugaran. Konon dari judul buku tokoh ternama tersebut masyarakat modern mengenal istilah "Aljabar".

Lantas bagaimana kata "Algorism" berubah menjadi "Algorithm" dan menjadi "Algoritma" pada kala itu? Perubahan tersebut terjadi seiring adanya kekeliruan pada "Arithmetic". Dengan kata lain, akhiran –sm kemudian berubah menjadi –thm. Karena dahulu penghitungan dengan angka arab adalah hal biasa, maka secara perlahan kata “Algorithm” secara umum digunakan untuk metode perhitungan atau komputasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai "Algoritma" dapat melihat video yang diambil dari chanel youtube berikut ini

I.    BELAJAR ALGORITMA


II.    LOGIKA ALGORITMA


III.    DESKRIPSI MENULIS ALGORITMA


IV.    ALGORITMA MESIN PENGHITUNG


V.    DASAR-DASAR PEMROGRAMAN BAGIAN DARI ALGORITMA



Sekian tulisan saya. Semoga bermanfaar. Terimakasih


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

LATIHAN BAB 1

KOLABORASI MASYARAKAT DIGITAL