DIGITAL LABS DAN CERAMAH UMUM

 

Tugas BTIK

CERAMAH UMUM & DIGITAL LABS

Oleh: Al Fathan Pramudita

Kelas: 8F

Absen: 03

 

September 29, 2020



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada kesempatan kali ini saya akan bercerita pengalaman pada saat Ceramah umum dan saat Digital labs pada hari Selasa 29 September 2020. Ceramah umum adalah kegiatan ceramah yang diadakan POMG SMP Labschool Jakarta. Digital Labs adalah acara yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan teknologi. Di tahun ini, Digital Labs bagi kelas 8 membahas tentang kreativitas dengan menggunakan digital. Ceramah umum dan Digital labs diadakan setiap tahunnya oleh SMP Labschool Jakarta. Pada Digital labs kali ini SMP Labschool Jakarta mengudang 3 tamu yang membawakan materi diantaranya yaitu Firman Ramdhani yang memberi materi yang berjudul sosmed (sosial media), Deswara Aulia yang memberi materi yang berjudul seni beserta sosial media dan yang terakhir Ninin Musa yang memberikan materi yang berjudul dunia perfilman.

 

Digital labs tahun 2020 ini berjudul Teen and Tech: NAVIGATING DIGITAL LANDSCAPE menggunakan platform zoom pada hari Selasa, 29 september 2020.

Acara Digital labs dan ceramah umum diadakan melalui aplikasi zoom meeting. Acara dimulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 12 siang, semua murid wajib menggunakan virtula background yang sudah diberikan oleh wali kelas, Acara diawali dengan kegiatan ceramah umum yang pemberi materinya adalah Kak Firman Ramdhani lalu dilanjut dengan kegiatan Digital labs yang pemberi materinya Ibu Ninin Musa. Para murid diberi waktu untuk beristirahat selama kurang lebih 30 menit yaitu dari jam 09.30 sampai pukul 10.00 lalu dilanjut materi yang dibawakan Bapak Deswara Aulia. Materi yang diberikan mereka sangat bermanfaat dan berguna untuk kehidupan sehari hari karena membantu kita menggunakan teknologi. Teknologi di masa seperti ini sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari untuk menambah ilmu, belajar, bekerja maupun bersenang senang. 

 

Pembicara-pembicara memberi materi menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan semua murid harus menyimak dengan baik karena akan dibuka sesi untuk tanya jawab. Bagi 7 perserta yang bertanya terbaik akan diberi saldo Gopay atau OVO sebesar Rp.100.000,00. Saldo Gopay atau OVO akan diberikan setelah acara Ceramah Umum dan Digital Labs berakhir, lebih tepatnya pada sore hari. Ketika pembicara sudah selesai memberikan materi.

 

Menurut saya acara kali ini lumayan menarik terutama saya tertarik pada ceramah umum yang dibawakan oleh Kak Firman Ramdhani. Saya tidak tertarik pada Digital labs yang dibawakan oleh Ibu Ninin Musa, karena saya hampir tertidur saat mendengarkan materinya. Saya hanya mendengarkan sedikit tentang ceramah Ibu Ninin Musa tentang pembuatan film. Agar tidak tertidur lelap saya memutuskan untuk mendengarkan musik sejenak agar tidak merasa bosan lalu mematikan musik tersebut segera setelah rasa kantuk hilang.

 

Setelah materi yang dibawakan oleh Ibu Ninin Musa, seperti perkiraan saya… saya dan teman-teman diberi waktu istirahat dari jam 09.30 sampai pukul 10.00. Selesai istirahat, saya dan teman-teman lanjut untuk mendengarkan materi yang dibawakan oleh Bapak Deswara Aulia berjudul seni beserta sosial media, materi yang dibawakan oleh Bapak Deswara Aulia cukup membuat saya tertarik walaupun ada beberapa bagian yang belum saya pahami tetapi saya sangat berterimakasih kepada Bapak Deswara Aulia, Ibu Ninin Musa dan Kak Firman Ramdhani, semoga kita dapat berjumpa di lain waktu dan semoga para tamu yang diundang untuk kegiatan Digital Labs, teman-teman yang ikut hadir di acara ini dan bapak ibu guru yang juga ikut hadir dilancarkan rezekinya dan dilindungi oleh yang Maha Kuasa dari virus corona. Tetaplah di rumah dan patuhi protokol Kesehatan….

 

Wassalamualaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

LATIHAN BAB 1

KOLABORASI MASYARAKAT DIGITAL