TUGAS ESSAY BTIK
TUGAS ESSAY BTIK
Soal
1.
Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?
2.
Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan
kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!
3.
Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses
algoritmanya!
4.
Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
5.
Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan
langkah algoritmanya!
6.
Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!
7.
Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!
8.
Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan
RoboMind!
9.
Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!
10. Tuliskan kode program untuk
menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.
Jawban
1.
Algoritma
pemrograman merupakan salah satu disiplin ilmu yang menjadi dasar untuk
mempelajari sebuah bahasa pemrograman.
2.
a. Cara deskripsi, yaitu penulisan algoritma menggunakan bahasa
deskripsi. Cara ini terdiri dari tiga bagian yaitu judul, deklarasi, dan deskrip
b. Pseudocode yaitu metode penulisan algoritma yang
penampilannya menyerupai bahasa pemrograman yang digunakan pada tingkat lanjut,
namun masih dapat dipahami
3.
Robomind merupakan salah satu
perangkat lunak yang dikembangkan khusus untuk keperluan pendidikan terutama di
bidang teknologi simulasi robot.Robomind dikembangkah oleh Arvid Halma, seorang
mahasiswa dari University of Amsterdam pada waktu itu.Sejak 2011 RoboMind
diterbitkan oleh Reseach Kitchen.
Robomind merupakan sebuah simulasi
robot game yang didalamnya kita bisa belajar struktur pemrograman seperti
halnya pemrograman pada umumnya, diantaranya seperti bentuk perulangan,
pemilihan dan prosedur (Robomind.net, 2015).
Dengan simulator
ini nantinyaakan kita gunakan untuk belajar algoritma pemrograman. Pada saat
kita ketikkan script pada console maka kita akan bisa langsung tahu seperti apa
hasil dari script yang kita ketikkan sebelumnya.Robomind merupakan satu
diantara banyaknya game simulator yang ada. Tetapi diantara simulator-simulator
yang lain, yang paling sederhana dan mudah untuk digunakan berlatih algoritma
yaitu robomind. Karena perintah-perintah yang dipakai pada aplikasi tersebut
masih sangat sederhana dan sangat mudah untuk dipakai bahkan untuk anak-anak.
4.
Tipe data dan variabel merupakan kedua hal yang tidak bisa dilepas ketika kita
belajar bahasa pemrograman apapun
5.
Untuk mengetahui dibutuhkannya pendeklarasian
variabel dalam penggunaan bahasa pemrograman apabila tidak
semua bahasa pemrograman membutuhkannya.
6.
Boolen : pilihan benar atau tidak
Nomor : Integer atau angka bulat
String :
Huruf
7.
Tipa data Numerik
:
Tipe Data
Numerik/Angka Adalah data yang terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal
yang dapat diproses secara matematika.
Teks :
Teks dapat berisi konten apa saja, termasuk
angka, huruf dan simbol. Namun ... Contoh tipe data variabel numerik dalam C++: int (bilangan bulat), float
(desimal, batas 7 digit) dan double (desimal, batas lebih dari 7 digit)
8.
A. Misal untuk
huruf A :
Right
Forward (2)
Left
Backward (2)
A ()
B. Tambahkan kode program untuk
huruf-huruf yang lain. Kode
program selanjutnya adalah.
Backward (3)
Right
Backward
9.
Untuk
percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi.
10. A. Misal untuk huruf A :
Right
Forward (2)
Left
Backward (2)
A ()
B. Tambahkan kode program untuk
huruf-huruf yang lain. Kode
program selanjutnya adalah.
Backward (3)
Right
Comments
Post a Comment