TUGAS ESSAY BTIK

 

TUGAS ESSAY BTIK

 

Soal

1.     Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma? 

 

2.     Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

 

3.     Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya! 

 

4.     Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap! 

 

5.     Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan     langkah algoritmanya! 

 

6.     Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch! 

 

7.     Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks! 

 

8.     Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind! 

 

9.     Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan! 

 

10. Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan     RoboMind. 

 

Jawban

1.     Algoritma pemrograman merupakan salah satu disiplin ilmu yang menjadi dasar untuk mempelajari sebuah bahasa pemrograman.

 

2.      

 

a.     Cara deskripsi, yaitu penulisan algoritma menggunakan bahasa deskripsi. Cara ini terdiri dari tiga bagian yaitu judul, deklarasi, dan deskrip

 

b.     Pseudocode yaitu metode penulisan algoritma yang penampilannya menyerupai bahasa pemrograman yang digunakan pada tingkat lanjut, namun masih dapat dipahami

 

3.                Robomind merupakan salah satu perangkat lunak yang dikembangkan khusus untuk keperluan pendidikan terutama di bidang teknologi simulasi robot.Robomind dikembangkah oleh Arvid Halma, seorang mahasiswa dari University of Amsterdam pada waktu itu.Sejak 2011 RoboMind diterbitkan oleh Reseach Kitchen.

 

           Robomind merupakan sebuah simulasi robot game yang didalamnya kita bisa belajar struktur pemrograman seperti halnya pemrograman pada umumnya, diantaranya seperti bentuk perulangan, pemilihan dan prosedur (Robomind.net, 2015).

 

          

 

 

 

 

    Dengan simulator ini nantinyaakan kita gunakan untuk belajar algoritma pemrograman. Pada saat kita ketikkan script pada console maka kita akan bisa langsung tahu seperti apa hasil dari script yang kita ketikkan sebelumnya.Robomind merupakan satu diantara banyaknya game simulator yang ada. Tetapi diantara simulator-simulator yang lain, yang paling sederhana dan mudah untuk digunakan berlatih algoritma yaitu robomind. Karena perintah-perintah yang dipakai pada aplikasi tersebut masih sangat sederhana dan sangat mudah untuk dipakai bahkan untuk anak-anak.

 

4.     Tipe data dan variabel merupakan kedua hal yang tidak bisa dilepas ketika kita belajar bahasa pemrograman apapun

 

5.     Untuk mengetahui dibutuhkannya pendeklarasian variabel dalam penggunaan bahasa pemrograman apabila    tidak semua bahasa pemrograman membutuhkannya.

 

6.     Boolen :  pilihan benar atau tidak

Nomor :  Integer atau angka bulat

String  : Huruf

 

7.     Tipa data Numerik :

 

Tipe Data Numerik/Angka Adalah data yang terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika. 

 

Teks :

 

Teks dapat berisi konten apa saja, termasuk angka, huruf dan simbol. Namun ... Contoh tipe data variabel numerik dalam C++: int (bilangan bulat), float (desimal, batas 7 digit) dan double (desimal, batas lebih dari 7 digit)

 

 

 

8.      A. Misal untuk huruf A :

               Right

               Forward (2)

               Left

               Backward (2)

               A ()

           

           B. Tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain. Kode

                program selanjutnya adalah.

                Backward (3)

                Right

                Backward

 

9.     Untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi.

 

10. A. Misal untuk huruf A :

               Right

               Forward (2)

               Left

               Backward (2)

               A ()

           

           B. Tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain. Kode

                program selanjutnya adalah.

                Backward (3)

                Right

 

                   

Comments

Popular posts from this blog

LATIHAN BAB 1

KOLABORASI MASYARAKAT DIGITAL